Return

Penukaran Barang & Dana

Sebagai wujud layanan after sales kepada pelanggan, spesial buat Kakak. Herbalpedia menyediakan layanan penukaran barang dan dana

Penukaran Barang

Kepada Kakak-kakak yg terhormat, berikut kebijakan retur di tokoku. Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Aku berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan kesalahan yg ada. Namun aku sadar juga manusia ada keterbatasan. Dari banyaknya pengiriman yangada, error / kesalahan dalam pengiriman itu pasti ada dan bisa terjadi dan sekian persen dalam pengiriman bisa terjadi. Namun hal ini bukanlah suatu hal yang benar-benar disengaja, benar-benar di luar batas kemampuan aku sebagai manusia. Oleh karena itu apabila memang terjadi error, aku juga harapkan adanya timbal balik untuk mengirimkan keluhan via chat WhatsApp. 

Komplainlah dengan baik maka aku akan melayani dengan baik. Hindari komplain dengan nada memaksa, mengancam, menyindir, mengejek, menghina yang bersifat negatif karena aku tidak akan melayani. Segala keluhan aku akan usahakan layani tapi adanya beberapa pertimbangan juga, khususnya barang-barang yang bersegel tidak dapat ditukar atau dikembalikan dengan alasan apapun. Barang gagal / cacat produksi dari produsen bukan tanggung jawab penjual untuk menggantinya 

Pada umumnya penggantian barang dilakukan apabila pesan barang A dikirim barang B. Aku akan mengganti untuk hal tersebut. Prosedur penukaran barang silakan chat aku dan menuliskan nomor order beserta alasan pengembalian/penukaran. Aku sering terjadi full order hingga menenima pesanan banyak perhari. Mohon untuk kesabarannya dengan tidak ping/telepon secara spam, karena aku akan memberikan pelayanan terbaik dan tercepat untuk Kakak secara adil. Maksimal proses penukaran barang aku layani 1×24 Jam terhitung dari tanggal barang sampai ke konsumen. Proses klaim retur item cacat produksi harap mencantumkan foto dari barang yang cacat. Kakak berhak mengajukan permohonan penukaran barang, dan aku akan melayani proses penukaran barang apabila syarat di bawah ini terpenuhi: 
  1. Barang yang Kakak terima memiliki spesifikasi atau jenis yang berbeda dengan yang tertera pada invoice yang berlaku.
  2. Barang yang Kakak dapat dalam kondisi kadaluarsa.
  3. Semua produk berlabel Sale/Diskon tidak dapat ditukar.

Dalam proses penukaran sesuai syarat dan ketentuan di atas, biaya pengiriman dari alamat pengiriman maupun dari gudang aku akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab aku. Aku berhak memutuskan untuk melaksanakan atau tidak proses penukaran dengan pertimbangan dan menurut kebijakan yang berlaku di halaman ini. Hal-hal yang terjadi di luar syarat penukaran diatas bukan termasuk layanan after-salesku.

Jika syarat ini tidak terpenuhi namun poin persetujuan kedua belah pihak tersepakati, maka proses penukaran akan tetap dijalankan dan Kakak akan dikenakan biaya proses penukaran berupa seluruh biaya pengiriman. Aku menerima permintaan penukaran barang dari Kakak maksimal 1×24 jam setelah barang Kakak terima. Kakak mengirimkan barang yang telah disetujui kedua belah pihak untuk ditukar dalam jangka waktu maksimal 1×24 Jam kerja setelah permintaan penukaran barang aku setujui. 

Produk wajib dikembalikan dalam keadaan baru, belum digunakan dan lengkap dengan dus yang masih terpasang. Jika barang yang dikembalikan rusak, sobek / telah diubah, maka aku tidak akan menerima dan akan dikirimkan kembali ke Kakak.

Pengembalian Barang

Aku hanya bertanggung jawab sampai pengiriman ke ekspedisi, bila terjadi kesalahan, keterlambatan, kerusakan, maupun kehilangan pengiriman di luar tanggung jawab aku. Meski bukan tanggung jawab aku sebagai penjual, aku akan berusaha membantu memproseskan sebatas kemampuanku.

Apabila oleh karena sesuatu hal yang tidak terduga walaupun jarang sekali terjadi, paket Kakak dihilangkan oleh pihak ekpedisi, maka Kakak akan mendapatkan pengantian dari ekspedisi sebanyak 10 kali lipat ongkir, oleh karena itu, utk paket barang yg nilainya di atas 10 kali lipat ongkir sebaiknya diasuransikan. atau apabila hilang di ekspedisi, Kakak hanya akan mendapatkan pengantian dari Pihak ekspedisi sebanyak 10 kali lipat ongkir dan bukan kewajiban pihak penjual untuk menggantinya. demi keamanan barang Kakak supaya tidak mengalami kerugian, mohon tambahkan biaya asuransi ekspedisi. Jadi jika ada barang Kakak atau customer Kakak yang hilang atau rusak saat di pengiriman, Kakak bisa mengklaimnya ke ekspedisi bukan ke aku sebagai penjual. Aku hanya membawa barang Kakak sampai di ekpedisi saja, selanjutnya sudah bukan dibawah pengawasan aku lagi, tapi dibawah pengawasan pihak ekpedisi yang mengirimkan barang Kakak sampai ke alamat tujuan, jadi semua paket setelah ada nomor resi pengiriman bukan tanggung jawab aku lagi.

Kecuali apabila ada kesalahan dari pihak aku dan di luar dari yang sudah ditetapkan dalan syarat dan ketentuan pada halaman ini. Pengembalian barang yang terjadi di luar dari kesepakatan penyelesaian masalah pembelian yang telah disetujui kedua belah pihak bukan merupakan tanggung jawab dan bagian dari pelayanan aku. Aku tidak bertanggung jawab atas barang yang Kakak kembalikan karena secara sah barang tersebut sudah menjadi hak milik dan tanggung jawab Kakak.

Apabila ada yg ingin di sampaikan, Kakak bisa langsung mengirimkan info di chat WA. Aku tidak melayani klaim dengan alasan apapun apabila Kakak sudah memberikan info di menu ulasan / review. Kirimkan kritik dan saran melalui chat WA tersebut dengan perincian:
  1. Nomor Invoice pembelian barang. Tanpa nomor invoice pembelian barang tidak akan diproses pokok permasalahan yang ada.
  2. Pesan yang masuk akan diproses maksimal 2×24 Jam kerja sesuai urutan antrian chat yg masuk dan tingkat kesulitan atas jawaban yang ada, semakin banyak data yang diperlukan dan semakin banyak pihak yang diperlukan menyelesaikan masalah maka akan semakin membutuhkan waktu. Selama proses berlangsung dimohon kesabarannya menunggu. Dimohon tidak mengirimkan chat secara berulang-ulang yang bisa dikategorikan sebagai spam
  3. Keluhan bisa dilakukan melalui chat WA maksimal 1×24 Jam dari tanggal penerimaan barang ekspedisi dengan menyebutkan nomor invoice order. Aku tidak melayani klaim dengan alasan apapun apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan.
  4. Ongkis kirim akan ditanggung oleh masing-masing pihak.
  5. Produk yang dikembalikan atau ditukarkan akan melewati proses QC (Quality Control) terlebih dahulu, dan aku berhak untuk menolak pengembalian atau penukaran bila produk yang dikirimkan tidak lolos proses QC.
  6. Aku akan cek secara internal terlebih dahulu pencatatan yang ada. apabila memang dibutuhkan data yang mendukung lebih lanjut, nantinya aku akan minta PM kembali ke Kakak utk foto kemasan yang digunakan, cara packing pertama kalinya produk diterima. Apabila memang kesalahan dari pihak aku akan memberikan jawaban atas penggantiannya, demikian pula sebaliknya.
  7. Retur pada umumnya penggantian barang dilakukan apabila pesan barang A dikirim barang B. Aku akan mengganti untuk hal tersebut. 
  8. Pengembalian barang akan dikirimkan ke alamatku (akan di berikan info mengenai alamat pengiriman). Ongkir retur ditanggung sepenuhnya oleh Pembeli, apapun itu alasannya. 
  9. Barang retur diterima maksimal 5×24 Jam. Aku tidak melayani klaim dengan alasan apapun apabila barang retur diterima melebih batas waktu yang telah ditentukan.
  10. Barang pengganti akan dikirimkan setelah barang retur diterima.
  11. Untuk biaya pengiriman dan biaya tambahan yang sudah dikeluarkan Kakak ketika melakukan order pertama kali tidak akan dikembalikan bila customer melakukan pengembalian.
  12. Aku berhak untuk tidak memproses produk yang dikembalikan tanpa adanya pengajuan penukaran / pengembalian terlebih dahulu.
  13. Aku berhak untuk tidak memproses pengembalian / penukaran produk yang melewati batas waktu pengembalian / penukaran yang telah ditentukan.

Jika kekurangan barang yang diakibatkan oleh kesalahan aku (setelah di cek ulang CCTV) maka akan diberlakukan sebagai berikut. Refund uang tunai sejumlah harga barang langsung ke rekening yang bersangkutan (Direkomendasikan Bank BCA), untuk rekening bank lainnya, akan ada biaya admin transfer bank yang merupakan tanggungan sepenuhnya dari pembeli. Opsi berikutnya bisa disisipkan pada order selanjutnya.

Pembatalan Pesanan

Pesanan dapat dibatalkan secara sepihak apabila:
  1. Kakak belum melakukan pembayaran.
  2. Aku belum menerima pembayaran dari Kakak.
  3. Tanggal berlaku pada invoice untuk order tersebut sudah kadaluarsa.

Pengembalian Uang (Refund)

Aku tidak melayani komplain mengenai kelebihan ongkir, karena sudah dianggap setuju pada total harga keseluruhan. Itu berarti Kakak setuju untuk tidak akan mempermasalahkan kelebihan maupun kekurangan ongkirnya. Toh jika ada kelebihan ongkir biasanya sebagai uang tips untuk kurir yang telah mengantar paket ke Kakak. Apa saja kondisi yang menyebabkan customer bisa refund?

  1. Kelebihan pembayaran, apabila Kakak membayar lebih dari total pembelanjaan, maka akan dikembalikan sebesar selisihnya.
  2. Pengalihan metode pengiriman dari pihak ekspedisi, One Day Delivery Service ke Reguler Service karena area tidak terjangkau. 
  3. Jika barang habis (out of stock) dan tidak ada barang alternatif yang sejenis.
  4. Jika ada penggunaan kupon yang sama lebih dari satu kali transaksi.
Nominal refund akan kembali 100% jika produk habis (out of stock) dan tidak ada alternatif barang lain, serta jangka waktu setelah pembelian/transaksi berhasil tidak melebihi 7 hari kerja. Proses refund dilakukan selama 3 hingga 7 hari kerja setelah pengajuan data refund oleh customerRefund uang tunai sejumlah harga barang akan kami transfer ke rekening BCA saja selain itu dikenakan biaya admin bank Rp. 5000

Produk Tidak Tersedia (Out of Stock)

Produk yang dibeli terkadang sudah tidak tersedia di Gudang aku karena ada orderan offline, dan bila Kakak mengalami hal tersebut, aku segera akan menghubungi Kakak untuk mengkonfirmasikan hal tersebut, Kakak bisa mengambil opsi menunggu barang preorder atau agar dana yang telah dibayarkan dikembalikan (refund).

Jika aku sudah menghubungi Kakak namun tidak ada respon dari Kakak sampai dengan pukul 13.00 WIB di hari berikutnya, maka aku berhak untuk membatalkan produk yang sudah tidak tersedia tersebut dan memproses sisa order lainnya (bila produk yang dipesan lebih dari satu) atau meng-cancel order tersebut (bila produk yang dipesan hanya satu di satu nomor order).

Sengketa

Segala sengketa yang timbul dan atau berhubungan dengan kegiatan yang terjadi pada web Herbalpedia akan diselesaikan secara musyawarah dengan mengacu pada syarat dan ketentuan pada halaman ini. Kakak menyatakan setuju untuk tidak akan mengajukan tuntutan dan atau gugatan secara hukum maupun menyebarkan berita tidak baik pada media apapun, dalam bentuk apapun, yang berpengaruh negatif padaku.

Persetujuan

Kakak telah menyetujui bahwa Kakak akan bertanggung jawab atas aktivitas Kakak di web Herbalpedia ini. Apabila aku melihat bahwa Kakak sedang atau telah terlibat dalam aktivitas yang melanggar Syarat dan Ketentuan aku, namun tidak ada tindakan dari aku, aku akan tetap berhak untuk menggunakan hak-hak aku di situasi-situasi lain di kemudian hari.

Aku tidak pernah memaksa Kakak untuk belanja di tokoku, jika Kakak keberatan atau tidak terima dengan aturanku silakan untuk tidak berbelanja di sini. Yang order berarti setuju aturan di atas, baik membaca atau tidak baca di anggap SETUJU / SUDAH BACA.

Masukan, Saran dan Pesan

Perkembangan dan peningkatan pelayananku tidak terlepas dari adanya masukan dari Kakak. Jika Kakak ingin memberi masukan, saran, atau pesan, Kakak dapat menghubungi aku di admin@tokoku.my.id atau menghubungi via WA di (62)8132-888-3727 atau dengan mudah mengisi form pesan di halaman beranda pojok kanan atas.